Senin, 31 Agustus 2020

SEJARAH TARI ONDEL-ONDEL

Mengenal Sejarah, Lagu dan Tarian Ondel-Ondel


Ondel-ondel merupakan kesenian khas Betawi. Ondel-ondel juga merupakan kesenian boneka yang konon sudah ada sejak zaman pra Islam di Pulau Jawa. Tak jarang Ondel-ondel juga di kaitkan dengan hal-hal mistis dan dunia magis.

Awal mulanya ondel-ondel dijadikan symbol penjaga sebuah kampung dari segala bentuk ancama baik bencana, bahaya, maupun wabah penyakit. Hal itu yang menjadi penyebab mengapa ondel-ondel memiliki wajah yang seram, ketika sebagian besar boneka umumnya memiliki rupa yang imut dan menarik.

Ondel-ondel terbuat dari bahan kayu. Pada bagian tengah biasanya menggunakan kurungan ayam atau dongdang yang terbuat dari bambu. Ondel-ondel memiliki diameter 1,5 meter dengan tinggi bisa sampai 4 meter. 

Ondel-onel terdiri dari dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. Ondel-ondel laki-laki memiliki wajah merah sementara yang peremuan memiki wajah putih. Rambut ondel-ondel berasal dari ijuk dan ditambah pernak-pernik.


Lagu ondel-ondel

Lagu ondel-ondel diciptakan oleh Djoko Subagyo pada tahun 1970 dan dipopulerkan kembali oleh Beyamin Sueb. Lagu ondel-odel itu sendiri mencerminkan tingkah ondel-ondel yang sedang di arak dalam acara adat Betawi. Berikut ini lirik lagu ondel-ondel 


Lirik Lagu Ondel-Ondel

Nyok kite nonton ondel-ondel, (nyok!)

Nyok kite ngarak ondel-ondel, (nyok!)

Ondel-ondel ade anaknye, (woi!)

Anaknya ngigel ter-iteran, (oi!)

Mak, Bapak ondel-ondel ngibing, (ser!)

Ngarak penganten di sunatin, (serr!)

Goyangnye asik ndut-ndutan, (ndut!)

Nyang ngibing igel-igelan, (gel!)

Plak dung plak dung plang, gendang nyaring di tepak

Yang ngiringin mandek, pada surak-surak

Tangan iseng jailin, kepale anak ondel-ondel

Taroin puntungan, rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakan, (krak!)

Kepalenye nyale berkobaran, (ngebul!)

Yang ngarak pade kebingungan, (ngung!)

Disiramin air comberan, (byur!)

Plak dung…

 

Tarian Ondel-Ondel

Selain lagu, ondel-ondel juga memiliki Tarian. Tari ondel-ondel adalah tarian yang sering ditampilkan pada pesta-pesta rakyat. Tari ondel-ondel menggambarkan memerankan leluruh atau nenek moyang yang senantiasa menjaga keterunannya.

Tari ondel-ondel berbeda dengan tarian lainnya yang mayoritas hadir dari lingkungan kraton. Tari ondel-ondel lahir ditengah masyarakat dengan penuh kesederhanaan. Oleh karenanya tari ondel-ondel digolongkan kesenian rakyat. Tari ondel-ondel paling ditampilkan oleh 4 orang penari. Namun tak jarang di tampilkan oleh 1 atau 2 orang saja. Dengan pola lantai sejajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KULINER KHAS BETAWI ES SELENDANG MAYANG

  KULINER KHAS BETAWI ES SELENDANG MAYANG   A.     Mengenal Es Selendang Mayang   Es Selendang Mayang  merupak...